Review & Perbandingan Trilogy Certified Rosehip Oil dan The Ordinary Rosehip Oil

by - Agustus 22, 2020

Balik lagi ke topik tentang face oil. Sebelumnya aku pernah upload review Trilogy Certified Rosehip Oil di blog ini dan sekarang aku mau share tentang perbandingan antara Rosehip Oil punya Trilogy dan The Ordinary. Sejauh ini aku baru pernah coba 2 rosehip oil tersebut, pertamakali coba yang The Ordinary terus repurchase punyanya Trilogy. Udah kebayang gimana perbedaannya antara kedua rosehip oil ini, setelah pake keduanya selama 1 tahun (6 bulan untuk TO,setelah itu 6 bulan untuk Trilogy)





- Segi Ingredients -

Dari sisi ingredients sebenernya gak ada perbedaan. Sama sama 100% Organic Rose Hip Seed Oil. Organic dan PAO nya sama sama cuman 6 bulan. Tapi aku kurang ngerti proses pembuatan rosehip oil mereka kaya gimana, mungkin ada perbedaan dari sisi itu yang bisa mempengaruhi kualitas juga. Intinya dari produknya, sama-sama dari rosehip oil tanpa campuran ingredients lain dan fungsinya pun sama.



100% Organic Rose Hip Seed Oil

- Segi Packaging -

Packagingnya The Ordinary dan Trilogy dari botol pipet kaca yang gelap, yang gak gampang tembus sinar matahari. Yang punya aku ini, Trilogy aku beri yang original karena Trilogy rosehip oilnya ada beberapa variasi kalo gak salah ada yang antioxidant sama light blend. Harganya pun beda beda, paling mahal yang Antioxindant. Aku beli yang original 20 ml (ada yang ukuran 20 ml, 30 ml dan 45 ml), kalau The Ordinary rosehip oil nya cuman ada 1 macam kaya yang aku punya ini. Buat The Ordinary cuman ada yang ukuran 30 ml. Idealnya sih buat face oil 30 ml, karena bagi aku pas buat dipake 6 bulan.



Aku pake rosehip oil pun gak banyak banyak jadi bisa awet sampe 6 bulan pas PAO. Selain itu, kekurangan dari rosehip oil punya The Ordinary. Kalau menjelang PAO, mulut botolnya jadi kotor terus lengket. Ditambah ada butiran butiran kayak gula disekitar mulut botolnya, kesannya jadi kotor dan ngotorin tutup pipetnya juga. Kalau yang Trilogy, sampe PAO aja botolnya masih bersih gak ada lengket2. Bentuk pipetnya pun mereka ada perbedaan, yang Trilogy bengkok diujung, tapi sama aja sih gak ada yang spesial sama bentuk pipetnya.



*Kondisi mulut botol The Ordinary Rosehip Oil


- Segi Tekstur & Wangi -

Dari segi tekstur, menurut aku keduanya hampir mirip. Akupun gak bisa ngebedain, misal yang TO lebih tebel teksturnya atau gimana. Yang aku rasain, teksturnya sama sama ringan dan gampang meresapnya. Dari warna oil nya pun sama, warna kuning cerah (bukan kuning gelap). Tapii, yang The Ordinary pas aku pertama beli emang warnanya kuning cerah, tapi pas mendekati PAO (6 bulan) warna dari oil nya berubah jadi bening dan wanginya lebih menyengat kaya karet. Kalau Trilogy gak ada perubahan sama sekali, dari pertama pake sampe udah mau 6 bulan pemakaian warna dan wanginya tetap sama. Itu yang jadi nilai plus.




Wanginya pun sama, tapi ada beberapa orang yang bilang beda. Menurut aku bedanya di The Ordinary yang makin lama wanginya menyengat. Apalagi kalau mau PAO, udah gak enak dipake jadinya. Pas udah lebih dari 6 bulan aku coba pake buat badan aja, tapi wanginya udah gak enak banget. Kalau Trilogy wanginya aman aman aja. Wangi dari keduanya gak begitu amis, masih normal dan gak kebawa sampe bangun tidur ko. Wajar aja sih wanginya menurut aku, kayak pake skincare yang ingredientsnya natural aja.


- Segi Efek -

- Pori pori

Buat efeknya, awalnya aku merasa kalau mereka sama sama aja. Tapi akhirnya sadar setelah liat review orang lain, baru ngeh kalau perbedaannya ada disitu yang selama ini aku rasain. Buat yang The Ordinary, di kulit aku sendiri pas minggu awal pemakaian aku ngerasain efek yang signifikan banget buat komedo aku. Awalnya hidung banyak komedo hitam dan keliatan gak bersih, penyebabnya karena aku jarang double cleansing dan dulu bagian hidung berminyaknya parah banget. Setelah seminggu pemakaian, keliatan banget hidung jadi lebih bersih dan minyak dihidung jadi lebih terkontrol. Kalaupun dibagian hidung berminyak, itupun gak banyak dan gak yang kotor gitu.

Pas aku coba Trilogy, aku kadang2 merasakan efek di pori pori. Tapi disaat itu hidung aku pori porinya udah lumayan bersih, cuman kadang kadang muncul komedo atau berasa kotor. Nah trilogy juga bantu buat ngebersihin pori pori aku. Cuman perbedaan efek itu dikarenakan kulit aku yang dulu emang masih kurang bagus jadi pas pake rosehip oil efek nya keliatan banget. Selain itu, kedua rosehip oil itu pastinya ada efek bikin plump dan muka keliatan kaya healthy glow gitu.

- Kemerahan

Buat jerawat dan kemerahan. Trilogy lebih bagus menurut aku. Karena terbukti pas itu aku lagi purging terus pake Trilogy yang tinggal dikit dan mau PAO. Tapi masih ngaruh dong:), seneng bangett. Muka aku yang lagi sensitif merah dan gatel, tiap bangun pagi habis pake Trilogy kemerahannya memudar banget dan jauh mendingan. Kerasa juga kalau buat jerawat, meredakan kemerahannya perlahan lahan. Buat efek ke kemerahan sebenernya di The Ordinary juga ada, tapi rasanya beda, Gak sebagus Trilogy, apalagi Trilogy pas mau PAO aja efeknya masih nampol. Kalau The Ordinary belum tentu, karena wangi sama warnanya aja udah berubah.

- Jerawat

Terus kalau Rosehip oil bisa ngempesin jerawat gak? Kalau bagi aku, ngeredain jerawat yang lagi radang radangnya kurang berpengaruh. Ngaruhnya kaya perlahan lahan gitu, apalagi tipe jerawat aku yang lumayan gede berisi gitu Tapi buat kemerahannya ngaruh banget, apalagi kalau jerawatnya habis pecah dan keluar isinya. Habis itu kemerahannya bisa reda karena bantuan rosehip oil. Tapii, rosehip oil bakalan bekerja buat jerawat yang hampir kempes atau udah keluar isinya. Jadi gak merah lagi dan bakal kering, bahkan bisa sampe ngeletek gitu. Ditambah bekasnya juga dibuat cepet pudar. Ini berlaku buat kedua rosehip oil (Trilogy & The Ordinary), efek nya sama. 

- Bekas Jerawat

Buat bekas jerawat baru, antara Trilogy dan The Ordinary sama sama bagus buat bantu bekasnya memudar (btw bekas jerawat aku tipe nya PIH). Kira 1 bulan efeknya udah keliatan, kalau seminggu sih enggak ya. Tapi, yang The Ordinary kurang membantu buat mudarin bekas jerawat lama. Jadi aku masih ada beberapa jerawat lama yang belum pudar. Baru pudar pas pake Trilogy, bekas bekas yang dari dulu udah pudar dan gak ada sisa. Kayaknya emang kualitas rosehip oil Trilogy tuh lebih bagus.

- Anti aging & Efek lainnya

Efek anti aging nya juga ada! Aku orangnya tuh punya smile lines, dulu susah ngilanginnya. Semenjak pake rosehip oil Trilogy & The Ordinary, mereka bantu smile linesnya jadi membaik. Tapi biasanya, smile lines aku bakal balik kalo kondisi kulit aku kering. Selama pake rosehip oil, keliatan lah skin barrier jadi lebih bagus. Jarang iritasi, muka tetep lembab dan keliatan sehat. Efek mencerahkannya juga ada, buat Trilogy dan The Ordinary tiap bangun tidur kondisi muka bagus banget. Glowing dan cerah!. Bukan yang memutihkan ya, rosehip oil bantu tampilan muka jadi lebih cerah aja dan warna kulit pun jadi rata.

Selain yang aku sebutin di atas berarti aku gak pernah mengalami problem kulit itu, misal buat bruntusan, milia, kantung mata dll. Aku gak bisa ngasih penjelasan karena aku gak pernah mengalami permasalahan kulit itu.


- Kesimpulan -

Segi Packaging : Trilogy lebih bagus karena bersih

Segi Warna & Tekstur : Trilogy aku lebih suka karena warna nya gak berubah dan gak nimbulin wangi menyengat menjelang PAO.

Segi Efek

- Pori pori: Keduanya bagus, bikin pori pori aku lebih bersih karena minyak di wajah juga jadi balance. Mengurangi komedo juga

- Kemerahan : Keduanya bagus! Cuman trilogy lebih nampol, dari awal pemakaian sampe udah 6 bulan efeknya masih sama bagusnya. Kalau the ordinary jadi kurang ngaruh gitu.

- Bekas jerawat: Keduanya bagus! Perbedaan cuman di Trilogy yang ngaruh buat bekas jerawat lama.Tapi kalau The Ordinary dipake rutin juga pasti ada hasilnya ko.

- Jerawat: Dua duanya bagus, walaupun gak signifikan. Karena meredakan perlahan, tapi kalau jerawatnya udah keluar isinya, rosehip oil bantu buat ngeringin jerawat!

- Anti aging: Keduanya bagus! Memperbaiki smile lines aku dan bikin kulit jadi lebih sehat.

- Yang lainnya: Bikin kulit berasa lebih bright, healthy, glowing, lembab dan plump!

Segi Harga: Trilogy lebih mahal, tapi sesuai sama kualitasnya. The ordinary(30ml) sekitar 180K, Trilogy (20ml) sekitar 240K. Ada harga ada kualitas, bener juga yaa.

Rate
 The Ordinary 100% Organic Cold Pressed Rose Hip Seed Oil : 4,5/5
 Trilogy Certified Organic Rosehip Oil : 5/5


You May Also Like

0 Comments